Berbakti Untuk Negeri

...

...

Kenangan Bersama Kawan

Kenangan Bersama Kawan
DI Gunung Salak

globe

Cara mereset Printer Epson yang blinking



Suatu hari aku dihampiri sebuah masalah pada printer Epson C41SX punyaku yang belum pernah aku alami sebelumnya, aku mendapati printerku berhenti mencetak sebuah tugas karya tulis, dan mendapati lampu indikator berkedip secara bergantian (Hijau-merah).

Karena berkedip seperti itu aku beranggapan bahwa tinta printer habis, dan tanpa pikir panjang aku langsung mencabut gigiku, lho kok gigi? Cartridge mereun (sunda), dan langsung menyuntikan tinta yang aku anggap habis, setelah aku rasa cukup penuh aku hentikan pengisian tinta dan mereset cartridge dengan reseter fisik, dan memasangkan bom, hiiih.. Ngeri bang aHH, cartridge tersebut ke printer, setelah itu saya berniat melakukan head cleaning tetapi tidak berhasil karena printer tetap saja berkedip, karena kebutuhan akan printer sangat mendesak, saya beranggapan bahwa drivernya yang lagi stress… stress ??? Emang bisa ? bisa kali,, tanpa babibu saya langsung menguninstall driver dan diupdate dengan driver baru, tetapi apa hasilnya? Saya tetap mendapati printer tetap berkedip dan seakan mengejekku karena tidak bisa memcahkan masalah ini.

Akhirnya aku berfikir sejenak tentang apa penyebabnya, saya melihat resetter fisik cartridge kepunyaan saya itu dan menimbulkan sesuatu hal yaitu kata resetter, dengan berbekal kata itu saya pergi nGe-net dan mengunjungi google, setelah menjelajahi isi tampilan google itu, aku mendapati kata yang menggugahku sekaligus memberiku sebuah harapaan untuk bisa menggunakan printerku lagi yaitu “Download gratis resetter Epson color series” tanpa membaca kata-kata yang lainnya saya langsung mengklik url tersebut dan mendapati sebuah software yang bernama “SSC “ dan langsung mendownload file tersebut dan aku install dikomputerku..

Berikut cara-caranya :

1. Download software Epson resetter software di sini

2. Install software tersebut

3. Jalankan software yang telah di install

4. Klick tab Configuration, pada bagian Printer model pilih Epson Stlylus C4x. (Untuk type printer yang lain, anda bisa memilihnya sendiri sesuai dengan printer yang anda miliki)

5. Klick tab Resetter, pada bagian Available data for selected model pilih T038black. (Untuk printer yang lain, pilih sesuai dengan type yang anda miliki).










6. Klick Write dan abaikan pesan yang muncul.

7. Lakukan pada Cartridge warna sesuai dengan petunjuk nomor 5 dan 6

8. Tutup window itu, dan pada bagian kanan bawah layar monitor anda akan muncul icon kecil yang bergambar printer.

9. Klick kanan icon itu, dan pilih Reset Counters, kemudian Reset black.

















10. Ulangi langkah nomor 9 untuk warna yang lain (cyan, magenta dan yellow).

11. Matikan printer, hidupkan kembali, lihat tombolnya apakah masih berkedip atau tidak.

12. Segera test printer anda.

Bila tombol printer anda masih berkedip dan printer belum bisa digunakan, coba ulangi langkah-langkah diatas karena berdasarkan pengalaman saya pribadi, saya baru bisa menggunakannya setelah melakukan reset sebanyak 3kali.

Semoga Membantu

By: Fuad Ahmad 1Ti2 SMKN 2 Bima

Referensi: http://komputergratis.blogspot.com

Search angine google


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar OKE